PERGANTIAN MUSIM

March 28, 2009 at 2:38 pm Leave a comment

Suatu hari saya ngobrol dengan teman kuliah saya, sekedar merenungkan : bahwa kami dah mo lulus. Pada keadaan ini kami jarang ke kampus, mata kuliah satu-dua atau bahkan sudah bebas teori. Tidak ada penghasilan karena tidak minta uang saku.

Setiap orang pasti pernah mengalami pergantian musim. Dari musim hujan kemusim kemarau, mungkin. Nah, dalam pergantian tersebut terdapat keadaan yang tidak menentu. Kadang hujan, kadang panas. Kadang terasa dingin, kadang terasa panas sekali.

Daya tahan tubuh harus lebih terjaga dalam keadaan tersebut. Jangan sampai, terbawa keadaan kemuadian jatuh karenanya:sakit.

Untuk menghindari hal itu, atau setidaknya mencegah. Orang kemudian mencari cara-cara menghadapi pergantian musim. Dengan cara masing-masing, sehingga mereka dapat berpindah dari musim satu ke musim lain dengan safe.
Sama halnya dengan contoh diatas ketika kita lulus sekolah dan tidak melanjutkan lagi, sampai kita memiliki kerja adalah sama dengan pergantian musim. Kalau waktu kita sekolah kita masih bisa dan enak, minta uang saku orang tua. Ketika kita sudah tidak sekolah, untuk apa kita minta uang saku? Padahal kalau kita tidak minta uang, kita juga gak punya uang. Hal itu disebabkan karena kita belum kerja (menghasilkan uang)

Perlu cara menghadapi hal itu, misalkan mulai bekerja sebelum lulus (mencuri start). Jadi setelah lulus kita sudah kerja. Kerja apapun setidaknya bisa buat transport.

Yang menjadi masalah adalah, kerja apa? Kerja sesuai basic mungkin agak sulit karena belum lulus, belum punya ijazah. Nah dari sini kita butuh keterampilan lain selain basic kita, atau yang berbau-bau dengan basic kita. Misalkan membuka reparasi computer, jika basicnya komputer. Atau yang paling mudah adalah menulis, tuliskan apa yang menjadi basic kamu dan jual-lah.

Kalau masih pusing. Mulailah sebuah usaha dari hobi. Kalau kamu hobi melihara ikan, mungkin kamu bisa beternak ikan. Kalau kamu hobi ngbut mungkin kamu bisa balapan liar (wah jangan ya:) pokoknya hobimu yang positif. Banyak pengusaha sukses lahir dari hobi.

Secara sederhana ini merupakan usaha untuk mempersiapakan loncatan dari satu tempat ketempat lain. Kalau ada tips lain selahkan sharing.

Saya tak mikir dulu mo kerja apa yach? Wakakakak

Entry filed under: Humaniora. Tags: .

Hello world! MENGAJAR DALAM KETERBATASAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penanda Waktu

March 2009
M T W T F S S
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Telah Sudi Mampir

Jejak Tamu

Pengunjung

  • 11,026 Orang

%d bloggers like this: