MENGAJAR DALAM KETERBATASAN

March 28, 2009 at 2:40 pm Leave a comment

Setelah kubawa semua siswa kedalam lab, ku mulai pelajaran dengan salam. Semua siswa, seperti biasa sangat antusias bahkan sampai berebu memasuki lab. Mereka hidupkan komputer dihadapan mereka. Satu atau dua dari mereka sesekalibertanya, “Tad, yang ini nyala gak?” atau “Pak, ini bisa nyala gak?”, pertanyaan yang selalu terdengar setiap minggu, seperti hari ini. Ku jawab pertanyaan itu seperti biasa, “dicoba aja”. Padahal aku sangat tahu yang itu mati.

Di Lab ini ada 12 komputer yang menyala 8, satu komputer dipakai bertiga. Dulu semuanya nyala, walau begitu kalau dihidupkan semua listriknya tidak kuat. Shit! Siswa disini juga agak nakal dan susah diatur, kadang mereka tidak mau mengikuti pelajaran. Jika di Lab, kadang seenaknya saja menukar mouse atau keyboard ke komputer sana sini, bahkan mengeluarkan roda dalam keyboard model alam, naudubilah. Selama ini aku belum pernah pernah mengeluh.

Murid di sini tidak berseragam dan bersepatu, mereka adalah anak dari orang-orang yang kebanyakan kurang mampu, ada yang dari Sulawesi, timor lorosae, dan Kalimantan. Sekolah di sini gratis, tapi syaratnya harus tinggal di asrama.

***

Aku tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Aku sekarang sadar bahwa hambatan memang banyak. Mereka tidak pernah kenal teknologi, sehari-hari di asrama. Di tambah latar belakang orang tua kurang mampu tentunya tidak tersentuh teknologi. Hari ini satu komputer gugur lagi, tinggal 7. Fasilitas menurutku kurang memadahi komputer 12 yang kini tinggal hirup 7 itu listriknya tidak kuat. Apalagi mau usul koneksi internet… aku juga guru baru di sini

***

Aku lemas di dalam kelas. Tahukah kalian bahwa aku sedang berpikir bagaimana cara untuk memintarkan kalian dan membesarkan sekolah rintisan ini. Sedang aku sendiri, kau tahu? aku bukan sarjana TI

Entry filed under: Humaniora. Tags: .

PERGANTIAN MUSIM WEB STATIS DAN WEB DINAMIS

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Penanda Waktu

March 2009
M T W T F S S
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Telah Sudi Mampir

Jejak Tamu

Pengunjung

  • 11,026 Orang

